Update terbaru dari LoL season 2017.
Halo teman-teman Zonahitam, hari ini, kami akan memberikan sedikit info mengenai perubahan Mastery lebih detil
sehingga kalian tahu lebih banyak tentang Update Preseason nanti.
Sebelum kita mulai, penting untuk mengingatkan bahwa setiap
bagian Mastery memiliki fungsinya masing-masing. Dengan kalian yang berhasil
mencapai satu puncak paling bawah (Keystone), Mastery akan semakin
mencerminkan identitas serta pilihan yang kalian ambil. Dari sana, kalian akan
mendapatkan banyak bantuan dari mulai fase Laning, Jungle, atau untuk Trading
dengan musuh. Dan inilah dia!
Ferocity
Bagian Ferocity lebih diperuntukkan untuk mereka para
Champion yang ingin bertarung dan menghabisi musuh. Kami menambahkan cara baru
untuk mereka bisa bertarung dengan musuhnya.
Tier 2
Double-Edged Sword
Double-Edged Sword adalah Mastery yang meningkat seiring berjalannya waktu (Scaling),
sehingga rasanya tidak cocok untuk ditaruh di Tier 2, di mana Mastery di
sana condong ke arah awal permainan. Feast di sini menjadi yang lebih baik
dipilih. Oleh karena itu, kami memindahkan Double-Edged Sword ini ke Tier 4.
● Pindah ke Tier 4
[Update] Fresh Blood
Untuk mereka yang doyan Farming di Lane.
● Serangan biasa kalian pada
Champion akan menghasilkan tambahan 10 (+1 per level) Damage (Cooldown 9 detik)
Tier 4
Double-Edged Sword
Dan Double-Edged Sword sudah ada di tempat yang seharusnya.
Tapi jika statistik yang diberikan masih sama, hal itu juga tidak seimbang
karena yang di bawahnya masih ada yang jauh lebih bagus. Ini dia perubahannya.
● Menghasilkan 5% tambahan
Damage dan menerima 2.5% tambahan Damage
[Remove] Oppressor
Ada Champion yang memiliki Ability Crowd Control,
dan ada yang tidak, sehingga membuat Oppressor adalah sebuah Mastery yang
bersifat opsi. Bagaimana kalian memainkan Champion yang sedikit berbeda namun
tidak boleh memiliki Mastery yang sama? Oleh karena itu, yang satu ini kami
hapus.
● Dihapus
[Update] Battle Trance
Yang ini lebih aman dari Double-Edged Sword, tapi butuh
waktu lebih lama.
● Mendapatkan hingga 5%
tambahan Damage selama 5 detik ketika berada dalam pertarungan melawan Champion
musuh
Bounty Hunter
Di-buff!
● Menghasilkan 1.5% tambahan
Damage untuk setiap Champion musuh unik yang telah kalian bunuh
Keystone
[Update] Fervor of Battle
Fervor of Battle sudah banyak malang melintang di tahun 2016
ini, kebanyakan dikarenakan mereka yang mengandalkan on-hit atau Attack Speed.
Tapi, banyak juga yang menggunakan Fervor untuk fokus kepada serangan
Critical atau Cooldown Reduction, dan semuanya terasa cukup. Itu
artinya, dengan kata lain, Fervor bukan hanya berfokus kepada Attack Speed
saja, melainkan secara keseluruhan dengan Build Physical Damage
konstan secara terus menerus yang mampu dihasilkan.
Kami telah mengubah Fervor menjadi lebih global untuk
berbagai jenis Build Damage yang kalian buat.
● Menyerang Champion dengan
serangan biasa atau Ability akan menambahkan tumpukan Stack Fervor (2 untuk
Melee, Cooldown 2 detik untuk penggunaan Ability). Stacks of Fervor bertahan 4
detik (maksimal 10 tumpukan) dan meningkatkan Damage kalian sebanyak 1-6 setiap
tumpukannya.
Cunning
Cunning diperuntukkan untuk mereka yang ingin melakukan
Burst Damage atau juga Utility, seperti pada Stormraider’s Surge. Sekarang akan
ada yang baru di Tier 4.
Tier 4
[Update] Greenfather's Gift
Untuk kalian yang sering masuk ke dalam Bush.
● Masuk ke dalam Bush akan
membuat serangan biasa kalian atau Ability menghasilkan Damage 3% sesuai dengan
Health musuh sebagai Magic Damage (Cooldown 9 detik)
Tier 5
Precision
Membuat Mastery yang satu ini lebih konsisten dengan
dihapusnya Flat Armor Penetration.
● Mendapatkan 1.7 Lethality dan
0.6 (+0.06 per level) Magic Penetration per poin. (Setelah 5 poin,
mendapatkan 8.5 Lethality dan 3 (+0.3 per level) Magic Penetration)
Resolve
Bagian Resolve ini memberikan banyak opsi untuk membuat
Champion menjadi lebih Tank, tapi sedikit kurang baik untuk mereka yang justru
bermain dengan Build Tank. Kami telah menambahkan tambahan hadiah untuk para
Tank yang berhasil melakukan tugas mereka dengan baik, bukan hanya dengan cara
pasif.
Tier 2
[Update] Siegemaster
Jika kalian hanya diam di bawah Turret, Siegemaster akan
membantu kalian bertahan dari Poke dan hidup sedikit lebih aman dari
bahaya Dive.
● Mendapatkan 8 Armor dan Magic
Resist ketika berada di dekat Turret teman
Tier 4
[Update] Fearless
Yang ini untuk berjuang tanpa lelah.
● Mendapatkan 10% bonus Armor
dan Magic Resist (+2 flat Armor dan Magic Resist per level) ketika terkena
Damage oleh Champion musuh selama 2 detik (Cooldown 9 detik)
Keystone
[Remove] Strength of the Ages
Strength of the Ages adalah satu-satunya Keystone yang bisa
dibilang bisa digunakan oleh pemain di Role manapun, bukan hanya mereka yang
kami tujukan sejak awal, yaitu para Jungler. Health sangatlah penting untuk
semua kelas, jadi itulah alasan kenapa semua Champion cocok, meski tentu saja
akan lebih cepat terisi penuh dari Jungle. Masalahnya adalah, untuk mereka
(para Jungler) yang berhasil mengisi 300 tambahan Health serta tambahan efek
dari bagian Resolve juga, tidak jarang musuh kehabisan Damage untuk bisa
membunuh mereka.
Oleh karena itu, kami menghapus Strength of the Ages
sehingga para Jungler bisa lebih memilih Keystone yang cocok dengan gaya
permainan mereka masing-masing, bukan Role—memastikan bahwa Tank akan bermain
sebagai Tank, dan para penghasil Damage berperan sebagai penghasil Damage yang
baik, bukan gabungan dari keduanya.
Note: Kami sadar bahwa Strength of the Ages sangat baik
untuk beberapa Jungler. Menghapusnya akan menjadi sebuah kemunduran untuk
beberapa Champion, tapi dengan Update pada Pre-season ini, kami tidak merasa
terdapat pihak yang kami rugikan lewat perubahan Keystone ini karena kami
menyusunnya menjadi lebih mencerminkan tipe permainan kalian sendiri. Namun,
kami tentunya juga akan selalu melakukan pengawasan terhadap hal yang akan terjadi
ke depannya.
● Dihapus
[NEW] Courage of the Colossus
Memberikan para inisiator cara bertahan ketika melakukan
Dive.
● Mendapatkan Shield sebesar 7%
(+7% untuk setiap Champion musuh di sekitar) dari Health maksimum kalian selama
4 detik setelah menyerang musuh dengan efek Crowd Control (Cooldown 30
detik)